Ringankan Beban Mahasiswa Terdampak Covid-19, UMPR Membuka Pendaftaran Beasiswa PIP Bantuan SPP

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pandemi covid-19 yang sedang berlangsung di tahun 2021 ini, telah memukul tingkat kesejahteraan dan kemampuan finansial masyarakat, termasuk dalam membiayai pendidikan tinggi. Sehingga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengeluarkan kebijakan program lanjutan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Bantuan SPP bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19. Kebijakan ini dalam rangka merespon berbagai aspirasi masyarakat dan banyak stakeholder pendidikan agar pemerintah terus melanjutkan program Bantuan SPP sebelumnya sebagai bentuk keberpihakan kepada masyarakat miskin/rentan miskin serta membantu mahasiswa dan perguruan tinggi di masa pandemi covid-19 saat ini.

Pemerintah telah mengalokasikan Bantuan SPP mahasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa PTN dan PTS. Tujuan dari Bantuan SPP tersebut adalah Perluasan cakupan mahasiswa penerima manfaat KIP Kuliah; Membantu mahasiswa terdampak pandemi covid-19 untuk dapat membiayai pendidikan di perguruan tinggi dan melanjutkan studinya; Membantu perguruan tinggi dalam menjamin keberlangsungan pelaksanaan dan pengelolaaan pendidikan tinggi.

Dalam rangka mendukung kebijakan Kemendikbudristek terkait Bantuan SPP mahasiswa, Rektor UMPR  sangat merespon dengan baik kebijakan tersebut. Dalam hal ini berkesempatan membantu meringankan beban 246 mahasiswa UMPR yang memenuhi syarat untuk diberikan Beasiswa PIP Bantuan SPP selama 1 semester.

Adapun terkait informasi persyaratan, jadwal pendaftaran dan alokasi kuota beasiswa kami sampaikan sebagai berikut :

  • Persyaratan Umum
  1. Mahasiswa Reguler Jenjang Sarjana (S-I), berada di semester III, V dan VII dan Jenjang Diploma Tiga (D-III), berada di semester III dan V pada saat Tahun Akademik 2021/2022 (Gasal);
  2. Mahasiswa yang mengalami kendala finalsial karena terdampak pandemi Covid-19 dan tidak sanggup membayar SPP Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022;
  3. Mahasiswa yang berasal dari daerah yang terdampak langsung bencana alam, mahasiswa dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau jika dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp.750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per anggota keluarga.
  4. Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh program beasiswa lainnya yang membiayai SPP baik secara penuh atau Sebagian, dengan ketentuan sebagai berikut :
    a. Tidak tercatat di UMPR sebagai penerima KIP Kuliah atau Bidikmisi lanjutan (on going);
    b. Tidak sedang menerima beasiswa lain baik yang berasal dari APBN/APBD atau swasta yang telah membiayai   SPP secara penuh/sebagian;
  5. Mahasiswa yang tidak bekerja sebagai PNS, Swasta dan Tenaga Kontrak;
  • Persyaratan Khusus
  1. Mahasiswa mengisi formulir pendaftaran Beasiswa PIP Bantuan SPP Mahasiswa;
  2. Mahasiswa mebuat surat pernyataan bermaterai Rp.10.000,- bahwa orang tua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi Covid-19;
  3. Mahasiswa mebuat surat pernyataan bermaterai Rp.10.000,- tidak menerima beasiswa dari manapun;
  4. Mahasiswa aktif yang tercatat di PDDikti; dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Kuliah dari BAA UMPR;
  5. Mahasiswa sedang menjalani perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 dibuktikan dengan Kartu Rencana Studi (KRS);
  6. Print/Cetak Kartu Hasil Studi (KHS) Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 dari SIAKAD;
  7. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  8. Fotocopy Kartu PKH/KKS; (Jika Ada)
  9. Fotocopy Piagam Penghargaan atau Bukti Prestasi pada bidang ko-kurikuler dan/atau Ektra kurikuler atas nama sendiri; (Jika Ada)
  10. Surat Keterangan Aktif berorganisasi atau SK Keanggotaan (seperti BEM, IMM, UKM, dan/atau Organisasi-organisasi kemahasiswaan intra kampus UMPR) yang ditanda tangani oleh Ketua atau Penanggung Jawab/Pembimbing atau Kepala bidang Kemahasiswaan; (akan diutamakan)
  11. Berkas hardcopy dikumpulkan ke Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) UMPR
  12. Berkas softcopy (scan pdf) di Upload melalui link google form :

    https://bit.ly/Bantuan_SPP_UMPR_2021

  • Jadwal Pendaftaran Beasiswa PIP Bantuan SPP

  • Alokasi Kuota Beasiswa PIP Bantuan SPP

Wassalamualaikum Wr.Wb

silakan klik unggahan file berikut, untuk mengunduh :